Sukses! Penerimaan Anggota Baru Pramuka IAIN Ponorogo berjalan lancar

    Kegiatan penerimaan anggota baru racana Ronggo Warsito-Niken Gandini Pramuka IAIN Ponorogo dapat dikatakan lancar dan sukses. Pasalnya untuk tahun ini peserta yang mendaftar menjadi anggota Pramuka IAIN Ponorogo lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak lain, karena usaha dari anggota pramuka IAIN Ponorogo untuk mempromosikan serta mengajak adik adik mahasiswa baru untuk ikut kedalam UKK (Unit Kegiatan Khusus) Gerakan Pramuka. Berbagai strategi telah dicanangkan untuk menggait mahasiswa baru untuk ikut menjadi anggota UKK Gerakan Pramuka, seperti menyebar pamflet, membuat video ajakan, membuat tampilan yang spektakuler di acara PBAK, hingga melakukan pendekatan secara personal kepada mahasiswa baru. 

    Alur dari proses penerimaan anggota baru di UKK Gerakan Pramuka Racana Ronggo Warsito-Niken Gandini terdiri dari 3 kegiatan, diantaranya:

1. Orientasi Tamu Racana (ORTARA) 

    Kegiatan ORTARA adalah kegiatan yang dilaksanakan agar seorang calon anggota racana, yang nantinya akan disebut sebagai tamu racana. ORTARA 2023 dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2023 bertempat di lapangan Japan, desa Japan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Dalam kegiatan ORTARA ini terdapat berbagai agenda positif yang harus diikuti oleh seorang calon anggota racana, diantarannya: materi ruangan maupun materi lapangan, penempuhan scraft, fun game, bakti sosial dan masih banyak lagi.

2. Pendidikan dan Pelatihan Calon Anggota Racana (DIKLATCAR)

    Pendidikan dan pelatihan calon anggota racana (DIKLATCAR) tahun 2023 ke 30 ini merupakan suatu kegiatan yang harus di ikuti oleh tamu racana agar bisa disebut sebagai anggota racana. Diklatcar tahun ini menempuh rute dari kampus 1 IAIN Ponorogo hingga wisata telaga ngebel dengan perkiraan jarak yaitu 36 kilometer. Dalam perjalanan menuju lokasi tujuan, para calon anggota racana diberikan bermacam macam kegiatan penempuhan, contohnya seperti penempuhan kaos, penempuhan badge racana, penempuhan badge gudep. Selain itu juga diselingi dengan berbagai kegiatan lainnya seperti Praktek PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), Bakti Sosial, Sapa Alumni dan lain sebagainya.

3. Pandega

    Pandega adalah suatu golongan untuk pramuka dewasa pada jenjang perguruan tinggi. Sebagai anggota racana, sudah seharusnya menempuh Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pandega, karena racana Ronggo Warsito-Niken Gandini merupakan organisasi kepramukaan yang berpangkalan di perguruan tinggi yaitu IAIN Ponorogo. Sistem penempuhan SKU di Racana Ronggo Warsito-Niken Gandini dilakukan dalam satu hari full, yang biasa kita sebut dengan camp pandega. Pada tahun ini penempuhan pandega dilakukan selama 2 hari di Balai Desa Siman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Adapun yang membedakan Ujian SKU di Racana dengan golongan dibawahnya adalah dengan adanya Pembuatan Karya Tulis Ilmiah.


Jangan lupa Follow akun resmi Pramuka IAIN Ponorogo : 

IG : pramukaiainponorogo 
Youtube: Pramuka IAIN Ponorogo
Tiktok: @pramukaiainponorogo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOMBA PRAMUKA PENEGAK (LPP) VII IAIN PONOROGO 2024

LOMBA PRAMUKA PENEGAK (LPP) VI IAIN PONOROGO 2023

LOMBA PRAMUKA PENEGAK (LPP) IV IAIN PONOROGO 2021