TRP3TI ke-XIV 2024: Pramuka IAIN Ponorogo Launching Logo dan Maskot Kegiatan.

Salam Pramuka...

Halo kakak-kakak pramuka pandega. Racana Ronggo Warsito-Niken Gandini Pramuka IAIN Ponorogo telah melakukan Launching logo dan maskot kegiatan TRP3TI ke-XIV tahun 2024 sebagai pergantian dari logo dan maskot kegiatan sebelumnya. Launching logo dan maskot kegiatan TRP3TI yang baru ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Racana Ronggo Warsito-Niken Gandini Pramuka IAIN Ponorogo serta memiliki filosofi dan kerangka yang merupakan konsep dengan tujuan yang kuat untuk melahirkan jiwa kepramukaan yang lebih membawa ke arah pengembangan diri.

Launching Logo dan Maskot kegiatan TRP3TI 2024 ditandai dengan disebarnya Logo dan Maskot pada sosial media pramuka IAIN Ponorogo pada hari Minggu, Senin tanggal 7, 8 April tahun 2024.

Dalam unggahan di sosial media pramuka IAIN Ponorogo, logo dan maskot kegiatan TRP3TI ke- XIV tahun 2024 ini memiliki banyak filosofi yang mendalam. Berikut logo Kegiatan TRP3TI ke-XIV tahun 2024

Dari logo di atas tersebut memiliki banyak makna, yaitu:

IG: Filosofi Logo

  • 6 helai sayap berbentuk buku. 6 helai sayap terbagi menjadi 2, yaitu Tri Satya dan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang digunakan sebagai sumber, dasar, dan prinsip dalam Kegiatan TRP3TI XIV.
  • Tangan menelungkup. Melambangkan suatu usaha anggota gerakan pramuka untuk mencapai persatuan dan jalinan silaturahmi yang erat antar anggota pramuka.
  • Ornamen Reog. Melambangkan budaya khas dari Kabupaten Ponorogo yaitu Reog Ponorogo.
  • Tunas kelapa. Sebagai perwujudan lambang gerakan pramuka yang mampu Bermanfaat dan beradaptasi di situasi dan kondisi apa pun.
  • Siluet Manusia. Melambangkan keterbukaan dan sebagai perwujudan kegiatan TRP3TI XIV yang mengutamakan kebersamaan dan penuh kegembiraan.
  • Wosm. Sebagai perwujudan bahwa kegiatan TRP3TI XIV adalah kegiatan kepramukaan yang menginduk pada kepanduan.
  • Peta. Melambangkan letak geografis peserta kegiatan TRP3TI XIV yang berasal dari Berbagai daerah, yaitu Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Samarinda.
  • Warna Merah Sebagai pelambangan rasa semangat, cinta dan kegembiraan yang terwujud Dalam kegiatan TRP3TI XIV
  • Warna Hitam Melambangkan persatuan yang kuat dan kokoh antar sesama anggota gerakan Pramuka, khususnya pramuka Eks Sunan Ampel Surabaya
  • Warna Putih Melambangkan kesucian hati dan kebaikan dalam upaya menyukseskan Kegiatan TRP3TI XIV ini.

Berikut Maskot kegiatan TRP3TI ke-XIV tahun 2024

Dilihat dari gambar Maskot di atas, dapat kita lihat pula filosofi yang terkandung dalam maskot TRP3TI ke-XIV tahun 2024

IG: Filosofi Maskot

  • Si Maung : adalah nama dari Maskot TRP3TI ke-XIV Tahun 2024 dan merupakan seekor harimau. Harimau sangat erat kaitan nya dengan icon budaya Ponorogo yaitu Reog Ponorogo, terutama bagian kepala dadak merak yang memiliki Kesan gagah dan perkasa. Harimau adalah gambaran hewan yang Mandiri dan pantang menyerah. Harimau juga hewan yang sangat Mampu memimpin dirinya sendiri dalam bertahan di alam liar. Dari Hal tersebut, seorang pramuka dapat mengambil sebuah pelajaran Untuk bisa mandiri, pantang menyerah, berani dan senantiasa Bersemangat.
  • Kolor : Kolor yang dipegang oleh Si Maung dalam mascot merupakan salah Satu bagian dari kostum khas Ponorogo, yang dalam sejarah di Gunakan oleh seorang Warok Ponorogo sebagai senjata, dimana Dalam ceritanya senjata ini digunakan hanya untuk melumpuhkan Bukan untuk membunuh lawannya. Hal ini merepresentasikan seorang Pramuka agar memiliki sifat welas asih dan rendah hati.
  • Sikap badan : Badan yang tegap namun tetap tenang melambangkan sebuah harapan Seorang pramuka yang mampu mengendalikan diri dan memimpin Orang lain.
  • Sikap Tangan : Sikap satu tangan di depan dan yang lain di belakang merupakan sikap Ketegasan yang terbuka, sikap ikhlas tanpa pamrih, hal ini adalah Sebuah representasi dari seorang pramuka yang mampu mengabdikan Diri kepada masyarakat tanpa mengharapkan apa pun.

Dengan logo dan maskot kegiatan TRP3TI yang memiliki banyak makna didalam-Nya, diharapkan logo dan Maskot TRP3TI ke-XIV tahun 2024 dapat menjadi awal diumumkannya pelaksanaan TRP3TI di IAIN Ponorogo dan menjadi semangat baru bagi seluruh civitas IAIN Ponorogo dalam kesuksesan kegiatan TRP3TI ke-XIV tahun 2024.





Sosial Media

Instagram : @pramukaiainponorogo

Youtube : Pramuka iain ponorogo

Tiktok : @pramukaiainponorogo

Facebook : pramuka iain ponorogo


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOMBA PRAMUKA PENEGAK (LPP) VII IAIN PONOROGO 2024

LOMBA PRAMUKA PENEGAK (LPP) VI IAIN PONOROGO 2023

LOMBA PRAMUKA PENEGAK (LPP) IV IAIN PONOROGO 2021